PILIH KATEGORI
Syarat Dan Ketentuan Pembeli

PEMBELIAN

  • Pembelian wajib dilakukan di website atau aplikasi resmi BelanjaQu.
  • Pembelian wajib menggunakan metode bayar yang telah ditetapkan BelanjaQu.
  • Semua pembeli memahami bahwa semua produk yang ada di website BelanjaQu dijual dan dikirim oleh toko terdaftar, bukan oleh BelanjaQu.
  • Setiap pembeli pada saat melakukan transaksi menyetujui bahwa :
  • Setiap pembeli telah membaca dan memahami semua keterangan produk seperti deskripsi, harga, berat, dan keterangan lainnya serta bertanggungjawab atas putusan yang dipilih pembeli.
  • Setiap pembeli memahami bahwa warna yang tertera di website kemungkinan terjadi perbedaan dari warna asli produk yang dijual, hal tersebut tergantung resolusi monitor perangkat yang digunakan pembeli.
  • Kesalahan pada saat pembelian seperti kesalahan penginputan alamat pengiriman, kesalahan nominal transfer dan kesalahan lainnya menjadi tanggungjawab pembeli.
  • BelanjaQu tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Toko kepada pembeli.
  • Setelah pembeli melakukan proses cekout dan selama 1 (satu) hari toko tidak melakukan konfirmasi order maka pembelian dibatalkan dan dana transaksi dikembalikan sesuai syarat dan ketentuan.
  • Setiap pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok produk merupakan tanggungjawab toko yang menjual produk tersebut.
  • Jika pembelian dibatalkan oleh toko, sistem atau admin BelanjaQu maka semua dana transaksi akan dikembalikan kepada pembeli sesuai syarat dan ketentuan.
  • Pembeli tidak bisa membatalkan pembelian setelah proses transaksi.
PENERIMAAN BARANG
  • Perlu dipahami sebelumnya bahwa yang mengirimkan barang bukan dari pihak BelanjaQu.
  • Barang yang sudah diterima dan tidak ada komplain, pembeli harus segera melakukan Konfirmasi Penerimaan Barang.
  • Jika pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang setelah melebihi batas waktu 3 (tiga) hari dan barang sudah dinyatakan terkirim (delivered) berdasarkan informasi dari jasa pengiriman maka proses pembelian dinyatakan selesai dan dana transaksi akan diteruskan ke riwayat transaksi toko.
  • Beberapa hal yang memungkinkan barang terlambat sampai ke pembeli :
  • BelanjaQu tidak bertanggungjawab atas keterlambatan barang diterima pembeli.
  • Pengiriman barang menjadi tanggungjawab toko dan Jasa Pengiriman yang dipilih toko.
  • Kesalahan alamat pengiriman, ini menjadi tanggungjawab pembeli, toko atau jasa pengiriman tergantung kesalahan yang menginput alamat.
  • Barang hilang saat pengiriman, ini menjadi tanggungjawab jasa pengiriman.
  • Barang masih dalam proses perjalanan oleh jasa pengiriman, karena estimasi waktu tidak sesuai, hal ini menjadi tanggung jawab jasa pengiriman.
  • Jika terlambat dari pihak Jasa pengiriman bisa di cek dari nomor resi yang diberikan toko.
  • Barang sudah sampai namun tidak diterima langsung oleh pembeli yang bersangkutan.
  • Jika status transaki terkirim tapi barang belum diterima pembeli maka pastikan barang sudah diterima pihak lain disekitar seperti anggota keluarga lain atau tetangga terdekat.
KOMPLAIN
  • Semua kesalahan saat proses transaksi disengaja maupun tidak disengaja itu diluar tanggungjawab BelanjaQu.
  • BelanjaQu hanya sebagai pihak fasilitator komplain antara pembeli dengan toko.
  • Komplain yang sah adalah komplain yang dilakukan saat penerimaan barang dan pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang mengklik “Barang Tidak Sesuai” .
  • Komplain atas produk yang dibeli jika terjadi ketidaksesuaian maka menjadi tanggungjawab pembeli dengan toko.
  • Semua beban biaya atas komplain yang terjadi menjadi tanggungjawab dan kesepakatan antara pembeli dengan toko.
  • Dana transaksi akan tertahan di BelajaQu hingga masalah terselesaikan antara Pembeli dengan Toko.
  • Jika dalam waktu 40 (empat puluh) Hari tidak ada kesepakatan antara Pembeli dengan Toko, maka BelanjaQu berhak memutuskan secara sepihak solusinya.
  • Bantuan bisa ditujukan ke voni.belanjaqu.co.id
TRANSAKSI TIDAK SAH
  • Transaksi tidak sah adalah transaksi yang melanggar syarat dan ketentuan BelanjaQu.
  • Transaksi tidak sah jika :
  • Pembeli melakukan transaksi fiktif atau palsu dengan cara dan maksud apapun. (Misal transaksi untuk meningkatkan ratting toko).
  • Transaksi yang dilakukan dengan cara meretas akun BelanjaQu.
  • Transaksi yang dilakukan dengan indikasi kecurangan seperti adanya kesamaan data antara Pembeli dengan Toko, dan lain sebagainya.
  • Jika terjadi transaksi tidak sah maka akan dilakukan penonaktifan akun BelanjaQu.
  • Semua dana transaksi akan dikembalikan (Refund) kepada pembeli sesuai syarat dan ketentuan.
  • Jika terjadi transaksi tidak sah lebih dari satu kali maka akan dilakukan penonaktifan akun BelanjaQu secara permanen.
  • Jika terjadi transaksi tidak sah dan mengarah kepada pelanggaran hukum kriminal atau perdata akan diproses secara hukum yang berlaku.

Syarat dan ketentuan ini akan selalu diperbarui dan dapat berubah sewaktu-waktu.